Home
Firaun dan Ulama Syiah. PDF Cetak E-mail
 

Nama fir’aun diabadikan dalam Al Qur’an sebagai musuh Nabi Musa. Kisah sepak terjang fir’aun adalah kisah yang paling banyak terulang dalam ِAl Qur’an. Lalu ada apa dengan fir’aun dan ulama Syiah?



Berbicara tentang fir’aun menimbulkan pertanyaan pada benak kita, apakah kita masih perlu membahasnya, mengingat kisah fir’aun telah lama diturunkan dalam Al Qur’an, atau kita masih melihat kenyataan bahwa kisah Al Qur’an seringkali hanya digunakan sebagai pengantar tidur, dan kisah untuk diceritakan pada anak-anak kecil di TPA.


Allah menceritakan pada kita kisah para Nabi bukan sekedar untuk selingan dan dongeng sebelum tidur, namun kisah-kisah Al Qur'an sarat dengan pelajaran dan peringatan. Salah satunya adalah kisah Nabi Musa dan Fir’aun. Bahkan kisah Nabi Musa dan Fir’aun adalah kisah yang paling banyak diulang dalam Al Qur’an. Ini membuat kita bertanya, dan seolah memberi isyarat bagi kita untuk mencari-cari hikmah dan pelajaran yang ada.


Fir’aun adalah simbol bagi penguasa zhalim yang memperbudak rakyatnya. Dia memaksa rakyat untuk menyembah dirinya, dengan kekuatan militer yang ada siap untuk menggilas para penentang, begitu juga tukang sihir siap untuk menakut-nakuti manusia agar berpikir seribu kali untuk melawan. Berbagai mukjizat telah nampak nyata di mata fir’aun, namun nuraninya yang mengakui kebenaran kalah oleh ego pribadi yang bersujud pada kesombongan. Hanya dengan membangun mesir dan mengalirkan sungai-sungai di istana, fir’aun berani memproklamirkan diri menjadi tuhan, tiada tuhan selain dirinya.

Terakhir, para tukang sihir bersujud setelah menyaksikan mukjizat Nabi Musa, luluh oleh kebesaran dan kekuasaan Allah. Tetapi fir’aun malah bersujud pada ego pribadinya. Tukang sihirnya yang telah beriman pada Allah pun disalibnya di pohon korma, akhirnya Allah mengunci hatinya, dan fir’aun pun menyerah pada saat-saat terakhir. Tetapi terlambat.

Fir’aun menjadi simbol penentang dakwah kebenaran. Al Qur’an mengulang-ulang kisahnya agar kaum muslimin berhati-hati jangan sampai meniru tingkah Fir’aun dalam menolak kebenaran. Nasehat dalam Al Qur’an masih ditambah lagi dengan jasadnya yang utuh hingga hari ini, supaya orang makin memperhatikan dan mengambil pelajaran.

Dalam hadits disebutkan bahwa orang yang tidak menjaga shalat kelak di hari kiamat dibangkitkan bersama Fir’aun, Haman dan Ubay bin Khalaf, [Riwayat Darimi dan Ibnu Hibban, Kanzul Ummal, Musnad Ahmad]

Ini bisa jadi karena orang yang tidak menjaga shalatnya dia telah menyerupai firaun, haman dan Ubay bin Khalaf yang menentang perintah Allah. Lebih dari perbuatan dan tingkah polahnya, Ali melarang meniru pakaiannya :


Jangan kalian kenakan pakaian hitam, karena itu adalah pakaian Fir’aun.

Ini tercantum dalam literatur syiah berikut:

Man La Yahdhuruhul Faqih (1 : 251), Wasa’ilu Syi’ah (4:383), Al Khishal (2:614), Ilal Syara’I (2:346)

Karena tercantum dalam kita syi'ah saja, larangan ini berlaku untuk syi'ah, tidak untuk sunni. Sunni dan syi'ah memiliki metodologi yang berbeda dalam menilai hadits, jadi hadits untuk syi'ah tidak berlaku bagi sunni.

Ali bin Abi Thalib, seperti kita tahu merupakan lulusan madrasah Muhammad, yang mendapat perhatian Nabi sejak masa kecilnya, melarang umat mengenakan pakaian hitam, karena pakaian hitam adalah pakaian Fir’aun. Agar umat tidak meniru Fir’aun dalam segala hal, agar umat tetap ingat bahwa Fir’aun adalah simbol musuh yang harus dibenci, bahkan pakaiannya pun harus kita benci dan jauhi.

Namun kita lihat yang pertama kali menentang ucapan imam Ali adalah kelompok yang menamakan dirinya hari ini “syi’ah ahlulbait”, atau “syi’ah keluarga Nabi”, yaitu mereka yang mengklaim dirinya mengikuti Ali dan 11 imam keturunannya. Kita lihat seragam kebesaran ulama syi’ah adalah pakaian hitam-hitam. Ini bisa kita lihat dalam penampilan ulama syi’ah dalam berbagai kesempatan, dari foto-foto yang bisa dilihat di mana-mana.

Ini menjadi satu lagi bukti bahwa ucapan tidak selamanya sesuai dengan kenyataan, klaim tidak serta merta menjadi bukti kebenaran, yang harus kita uji. Orang yang mengklaim dirinya mengikuti Ali bisa jadi penentang utama bagi ajaran Ali, contohnya adalah ulama syi’ah yang selalu mengenakan pakaian hitam, menentang imam Ali yang melarangnya.

Mari kita memberanikan diri untuk bertanya sedikit lebih jauh, kira-kira mengapa ulama syi’ah bersikeras menentang Ali dan malah mengenakan pakaian Fir’aun? Ada apa dengan fir’aun dan ulama syi’ah?

Mengapa para ulama syi’ah selalu menghujat sahabat-sahabat Nabi yang jelas dicintai Allah tetapi malah menggunakan pakaian fir’aun yang telah jelas dilarang oleh Ali?

 





Users' Comments  
 

Average user rating

 

Display 20 of 20 comments

1. 28-05-2009 05:10

Iya jg ya
Assalamu'alaikum, 
 
Setelah saya perhatikan di foto2 yg ada di web ini, benar jg ya, mereka kelihatannya suka sekali memakai warna hitam/warna gelap. 
 
Mas Shia, saya mau usul. Tolong dong dibahas tentang ritual kaum Syiah saat memperingati peristiwa Karbala (terbunuhnya Al Husein radhiyallahu 'anhu). Sebab saya pernah dengar mereka ada yg sampai menyiksa tubuhnya sendiri dan menusuk2nya. Seram jg mendengarnya. 
 
Wassalamu'alaikum.
toghe

2. 30-05-2009 20:48

Saran
Assalamu'alaykum. Akhi trimakasih atas artikel antum. Bagaimana kalau ditambah kolom untuk coment-coment terakhir. Alhamdulillah, postingan2 antum insya Allah sudah saya baca. Namun saya sering "bolak-balik" untuk membaca coment2 dr yg lain.
Salman

3. 03-06-2009 00:42

FIR'AUN
Mohon dikirimkan cerita tentang hal-hal positif/baik yang dilakukan oleh FIRAUN semasa hidupnya..? apakah ada ? 
 
Maaf bila ini salah dalam penyampaian.. 
 
Wasalam. 
Iwan
Iwan

4. 07-06-2009 09:34

Jangankan Pakaian
Hmm, bukan syi'ah namanya klo ndak begitu. 
Jangankan masalah pakaian nikah mut'ah aja dilakukan meski telah jelas pengharamannya dari hadits yang diriwayatkan dari Ali radhiyallahu 'Anhu sendiri.
irhab007

5. 08-06-2009 21:06

syukur alhamdulillah aku bukan syi'ah
Andai saja perkata'an sayidina ali karomallahu wajhah menjadi fatwa umum utk smua umat islam baik syi'ah maupun non syi'ah(tentang larangan memakai pakaian warna hitam), maka aku termasuk orang yang mengikuti performance fir'aun. sehubungan dlm fiqih madzahibul arba'ah mslh warna dlm pakaian itu tdk jadi masalah,paling jatuh pd hukum makruh mk aku terus memakai warna hitam. tapi syi'ah sendiri???....kenapa membantah sayyidina ali r.a ya? hmm..... ADA APA DENGAN MU? utk pengelola blog sy ucapkan LANJUTKAN... 
 
MrShiaa: 
 
Terimakasih, insya Allah akan saya LANJUTKAN!!
jurico_omar3

6. 08-06-2009 23:22

barokallohu fik
barokallohu fik. smg Alloh melapangkan jalanmu untk meneruskan dakwah ini. 
saran: 
1.jgn terpancing caci maki penganut agama syiah, mrk mlakukannya krn kbodohan. kasihan mrk dibodoh2i ustadz2 syiah seolah2 ahlul bait (rodhiyallohu anhun) didhalimi pdhl tdk, bhkn mrk slg mencintai dg para shahabat yg lain (rodhiyallohu anhum) 
2.Jk ingin menjelaskan konsekuensi keyakinan syiah yg justru melecehkan ahlul bait (spt DUSTA mrk ttg adanya imamah pdhl FAKTAnya Ali rodhiyallohu anhu tdk menuntutnya shg konsekuensinya SYIAH menuduh Ali khianat & pengecut, kita berlepas diri darinya) mk tlg dicantumkan sejelas2nya bhw hal tuduhan itu adlh 'KONSEKUENSI DARI KEYAKINAN MRK SENDIRI' agar kita tdk dituduh menghina ahlul bait 
3.doakanlah mrk tanpa sepengetahuan mrk, kewajiban kita menyampaikan penjelasan, smg Alloh memberi hidayah taufik kpd mrk 
Smg Alloh mengumpulkan kita bersama Rasululloh shollallohu alaihi wa sallam, sahabat dan ahlul baitnya di akhirat 
 
MrShiaa: 
 
Amin, terimakasih doanya, jazakallah khair, semoga terkabul. 
abdulloh

7. 25-06-2009 03:11

Agama politik
Syiah ini adalah agama politik yang timbul dari perasaan iri, dengki dan merasa benar sendiri, ini kan timbul dari peristiwa saqifah yang mereka nilai secara sempit, jadinya saya hanya bisa mengelus dada mendengar dan melihat cara pandang mereka. Semoga Allah membimbing kita di jalan yang diridloiNya.
Juned

8. 02-07-2009 23:11

Numpang Komen
Pakaian ya...mohon ditulis riwayat lengkap dalam Man laa yahdhuruhul faqih tersebut. 
Karena seperti yang anda katakan. Ini kan hanya ada di kitab syi'ah, pastinya ulama' syia'ah yang ngerti maksudnya. jadi sekalian coba dikutib syarah kitab tersebut. 
Jika Anda juga meyakini bahwa ini benar2 perkatakan Ali, kenapa Anda juga tidak mengikuti..saya lihat di google banyak ulama sunni mengenakan pakaian hitam. 
Jika Anda tidak meyakini ini ucapan Ali, kenapa anda berdalih dengannya? :) 
maka untuk jelasny, tanyakan pada ahlinya saja... 
saya pengen lihat komentar ulama syi'ah mengenai hal ini. mohon ditampilkan kalau memiliki syarah dari kitab tersebut. 
terima kasih.. 
 
MrShiaa: 
terimakasih komentarnya, kami tidak meyakini seluruh isi hadits syiah berasal dari Ali maupun Ahlulbait lainnya, dan kami yakin bahwa mazhab syiah bukanlah mazhab ahlulbait yang sebenarnya. 
 
Masalah makna kata itu sangat jelas, dalam manla yahdhuruhul faqih, jadi tidak perlu ada tafsiran lagi, kaerna arti kata hitam adalah warna hitam, jangan artinya larangan, mengenakan artinya memakai pakaian, pakaian artinya baju, dan Fir'aun adalah tokoh musuh Nabi Musa. saya kira jelas.  
 
yang jelas man la yahdhuruhul faqih adalah salah satu dari empat kitab literatur utama hadits syiah.
Moeh1030

9. 04-07-2009 17:39

USUL
assalamu alaikum 
 
usul agar dimasukkan scaning kitab2 syiah dan kesesatannya dengan terjemahan (penjelasan) khan banyak tuh di situs2 arab seperti kasralsanam ..sehingga yang gak bsa bahasa arab bisa melihat bukti kesesatan syiah dari kitab2 mereka sendiri. 
 
MrShiaa: 
terimaksih usulannya, Insya Allah kami pertimbangkan
ibnu

10. 09-08-2009 18:19

sempurna
emm, syi'ah? eng.. sudah jelas yg mana yg hak ma yg bathil... jd apa pula guna aku nak komen? :-# syi'ah? Ada apa dg mu?
Kal0ng Zip

11. 03-09-2009 02:53

terima-kasih
Terima-kasih atas artikel-artikelnya yang dapat meyakinkan saya dan mungkin teman-teman yang lain akan kesesatan syiah. Dan bagi teman-teman yang masih membaca buku-buku syiah dan penasaran terhadap ajaran syiah hendaklah sering buka situs ini agar tahu kejanggalan-kejanggalan ajaran syiah. 
Dan bagi teman-teman yang sedang mencari kebenaran hindarilah oleh kalian buku-buku syiah yang saat ini sudah banyak tersebar di supermarket pada hakekatnya menyebarkan keraguan terhadap islam (Sesuai al-Qur'an dan as-Sunnah). Syiah adalah ajaran yang dekat dengan ajaran yahudi dan karena memang ajaran ini bermula dari orang yahudi yang berpura-pura masuk islam (munafiq) dendam dan ingin merusak islam dari dalam. Dan di dakwahkan oleh pengikut-pengikutnya dan orang-orang awam yang termakan hasutannya. Hingga berabad-abad yang silam sampai hari ini telah didakwahkan oleh muqolidin(orang-orang yang taklid buta)yang hanya mengekor tanpa mencari tahu bahwa ajaran ini benar atau salah. Dan di Indonesia telah muncul dai-dai syiah menyerukan ajaran syiah ini karena syahwat dan kepentingan sendiri.
Iwan

12. 01-10-2009 05:11

wow...lanjutkan terus
Syiah emang bener2 ajaran koalisi Yahudi dan majusi yg dimotori oleh IMAM IBNU SABA' AL-YAHUDI LA (Laknatulloh Alaih)......krn kecewa berat ama Islam. 
Yahudi sakit ht ama Sayyidina Ali kw yg jadi pahlawan Khaibar. 
trus si Majusi sakit hati ama Sayyidina Umar r.a yg memporak porandakan Kekaisaran Persia Sasanid.. 
Komplit deh
saip_camel_nose

13. 04-10-2009 06:48

suport
Allohuakbar.... 
kebenaran akan menang pada waktunya... 
terus berjuang mudah2an rahmat Alloh selalu menyertai antum.
baka san

14. 23-10-2009 05:31

Taimiyah
coba tanyakan pada hati nuranimu (klo masih punya)dan buka mata lebar2 kapan arab saudi yg wahabi itu memperhatikan bangsa palestina kapan.....? lihat hizbullah dan iran bagaimana mereka menyuarakan keteraniyayaan palestina. Taimiyah dol wahab & arab saudi apa andel kalian.....selain menjadi cecunguk israel 
 
MrShiaa: 
 
Mohon maaf, anda salah ambung, saya bukan representasi saudi, jika ada pertanyaan mengenai saudi silahkan tanya ke kedutaan saudi di jln mt haryono cawang. 
 
seperti iran yang hanya demo berteriak-teriak tanpa berbuat apa-apa, mirip anjing menggonggong yang hanya membuat takut anak kecil?
dol wahab

15. 01-11-2009 14:00

kebanaran..
assalamu'alaikum .. sya ingin tau dan ingin membaca isi dari kitab kitab sy'ah..apakah sy'ah seperti itu'' maaf sya orang awam dlm ilmu agama saya berharap stelah tau isi dari kitab sy'ah mudah mudah apa yng di tulis di artikel ini benar atau hanya ingin memecah belah ISLAM.. wasalam 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, silahkan mencari literatur-literatur syiah yang saya cantumkan di situs ini.
dedy

16. 28-12-2009 12:43

HIDAYAH
teruskan penulisan artikelnya bung! MUMTAZZZZ! semoga mereka merenungi tulisan bung dan akhirnya mendapatkan HIDAYAH
roni

17. 14-01-2010 04:56

sunni syiah
kalau di lihat dari sejarah para imam mazhab  
Hanafi, Syafi'i, Hambali itu berguru dari imam Maliki, imam maliki bergurunya pada siapa ya?? eh ternyata bergurunya kepada Imam Jafar bin Muhammad Ash-Shadiq yaitu imam ke 7 di mazhab syiah.  
 
1. Imam Ali bin Abi Thalib Al-Murtadha 
2. Imam Hasan bin Ali Al-Mujtaba 
3. Imam Husain bin Ali Asy-Syahid 
4. Imam Ali bin Husain As-Sajjad 
5. Imam Muhammad bin Ali Al-Baqir 
6. Imam Jafar bin Muhammad Ash-Shadiq 
7. Imam Musa bin Jafar Al-Kazhim 
8. Imam Ali bin Musa Ar-Ridha 
9. Imam Muhammad bin Ali Al-Jawad 
10. Imam Ali bin Muhammad Al-Hadi  
11. Imam Hasan bin Ali Al-Askari  
12. Imam Muhammad bin Hasan Al-Mahdi 
ternyata imam Mahdi juga masih keturunan dari ahlul bait nabi Muhammad S.A.W  
 
Saya baru saja membaca buku berjudul "Dialog Sunnah-Syiah" karya tulisan Syeikh Syarafuddin Al-Musawi, ulama syiah dari Lebanon. Buku ini merupakan rangkuman diskusi antara penulis dengan Syaikh Salim Al-Bisyri Al Maliki, rektor lembaga pendidikan Islam paling terkenal, Universitas Al Azhar. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, kita lihat di kitab-kitab para imam mazhab, juga kitab-kitab hadits, guru-guru Imam Malik, Abu Hanifah, Syafii dan Ahmad bin Hanbal sangatlah banyak. 
mereka bukan orang-orang cupet yang hanya berguru pada satu guru saja. 
 
anda tertipu oleh buku dialog sunni syiah, jangan seluruh isinya dipercaya, jadilah orang yang berpikiran terbuka, yang selalu mengklarifikasi sebelum percaya sesuatu. 
 
Insya Allah kami akan membongkar tipuan yang ada di buku Abdul Husein Syarafudin Musawi
gadza

18. 19-03-2010 03:08

Fir'aun
Aqidahnya, jalan hidupnya, pandanganya ttg berbagai hal lebih banyak yg menyimpang dari Islam.. pantaslah kalau disebut sebagai aliran diluar Islam... 
Lebih dekat ama Fir'aun, Yahudi, dan Nasrani, jadi tepatlah kalau memang mereka bukan bagian dari Kaum Muslimin...
Nain

19. 15-07-2010 12:53

SYIAH FITNAH DAJJAL
hello mr.shia,apakah agama syiah merupakan salah satu dari sekian banyak FITNAH DAJJAL?sebelum akhir zaman (kiamat)?..Ya Rabb,lindungi lah kami dari tipuan dankedustaan dan fitnah DAJJALLaknatullah.. 
tolong ditanggapi Mr.shia..bgmn menurut anda? 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, untuk mengatakan syiah adalah fitnah dajjal, perlu ada bukti bahwa dajjal sudah muncul. tetapi dajjal sampai hari ini belum muncul, dan fitnah syiah sudah berusia seribu tahun lebih, maka kurang tepat kalo dikatakan fitnah dajjal, wallahu A'lam 
ngabi teh santio bawo

20. 30-01-2011 00:51

Menuju Jalan yg di RiDhoi-Nya
Belajar ilmu agama jangan separuh2.. gali dan kaji langsung dari sumbernya..jangan menyebar fitnah... syiah adalah madzhab dari ja'far shodiq (guru 4 madzhab sunny yang anda anut)..gmn?anda masih menyesatkan gurunya guru 4 madzhab? 
 
MrShiaa: 
 
itulah, malah syiah yang menyelisihi imamnya sendiri. 
Alhamdulillah kami selalu melengkapi dengan sumber referensi.
Semoga

Display 20 of 20 comments

Tambahkan Komentar



mXcomment 1.0.8 © 2007-2014 - visualclinic.fr
License Creative Commons - Some rights reserved
< Sebelumnya   Berikutnya >
 

Syiah Latest Comments

izin share
Assalamu Alaikum... Mr.Shiaa yang di Muliakan saya minta izin untuk...
10/05/14 01:58 More...
By Abdi Dalem

mr
cukuplah hadits Bukhari tentang tanah fadak no 3435 sebagai pembantah...
30/10/13 10:38 More...
By amien

pns
kang jalal suruh belajar lagi tentang agama islam yg benar..banyak...
19/09/13 05:58 More...
By yusuf prasetyo

Assalamualaikum..
Dari awal sampai akhir ana baca koment2 yg memihak syiah versus yg...
08/09/13 18:29 More...
By Revi

ululalabab
Aswb, mudahďan Allah memberikan anda kekuatan untuk trus berjuang...
08/09/13 08:50 More...
By tauhid

Lihat Gallery Syiah

Online