Home
Riwayat Hadits Nabi SAW dari Kitab Sunni dan syi'ah PDF Cetak E-mail
 
Pembaca pasti penasaran ingin tahu jumlah riwayat Nabi SAW  dari kitab hadits utama Sunni dan Syi'ah, lietaratur mana yang lebih banyak memuat riwayat hadits dari Nabi SAW? Sunni atau Syi'ah? silahkan lihat selengkapnya...
 
 
Komparasi jumlah riwayat ahlulbait dari kitab hadits Ahlsunnah dan Syiah.
 
Sebelumnya ada baiknya kita membandingkan validitas kitab hadits Ahlussunnah dan Syi’ah menurut masing-masing kelompok, sekali lagi, menurut masing-masing kelompok, yaitu tingkat validitas kitab hadits Ahlussunnah menurut kacamata Ahlussunnah sendiri, begitu juga kitab hadits syi’ah menurut kacamata syi’ah sendiri. Ada empat kitab yang menjadi literatur utama hadits syi’ah, yaitu Al Kafi, Man La Yahdhuruhul Faqih, At Tahdzib dan Al Istibshar.

Sayyid Husein Bahrul Ulum –salah seorang ulama syi’ah- mengatakan: ijtihad dalam mazhab syi’ah bersumber dari empat kitab : Al Kafi, Man La Yahdhuruhul Faqih, At Tahdzib dan Al Istibshar, keempat kitab ini adalah kitab induk yang dijadikan pegangan sebagaimana enam kitab shahih bagi orang awam. Muqaddimah Talkhis Asy Syafi, -karya Syaikh Tha’ifah At Thusi- Husein Bahrul Ulum, hal 29.
 
Yang dimaksud dengan orang awam di sini adalah Ahlussunnah, ulama syi'ah terbiasa menganggap ahlussunnah sebagai kalangan awam. Sebagai catatan saja, Ahlussunnah hanya mengakui keshahihan hadits dua kitab saja, yaitu shahih Bukhari dan Shahih Muslim, sementara empat kitab lainnya tidak dianggap seluruh isinya Shahih, jadi nampak Husein Bahrul Ulum tidak begitu mengenal mazhab Ahlussunnah, jadi bisa kita maklumi.

Sementara ada sembilan kitab hadits yang dijadikan sumber bagi ajaran Ahlussunnah ; yaitu Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Nasa’I, Sunan Tirmidzi, Sunan Abu Dawud, Sunan Ibnu Majah, Muwatha’ Malik, Musnad Ahmad dan Sunan Darimi

Antara Shahih Bukhari Muslim dan Al Kafi

Shahih Bukhari dan Muslim, seluruh hadits yang ada dalam kitab itu yang tersambung sanadnya adalah shahih, sedangkan Al Kafi, kebanyakan haditsnya adalah dhaif. Menurut pengakuan Fakhruddin At Tharihi ada 9845 hadits yang dhaif dalam kitab Al Kafi, dari jumlah 16119 hadits Al Kafi.

Sedangkan mayoritas hadits dalam Al Kafi adalah Ahad yang tidak dapat dijadikan pegangan dalam masalah akidah –menurut syi’ah sendiri-.

Seluruh agama dan sekte yang ada bangga dengan validitas (baca keshahihan) kitab literatur mereka dan mereka, kecuali syi’ah, yang merupakan satu-satunya sekte yang bangga dan gembira karena kitab literatur mereka yang tershahih (baca terbaik) tidak seluruh hadits yang ada di dalamnya adalah shahih, bahkan lebih banyak yang dhaif daripada yang shahih. Ini terbukti, coba anda tanya ke penganut syi’ah di sekitar anda, pasti dia berbangga dan senang bahwa kitab literatur terbaik syi’ah yaitu al kafi memuat banyak hadits dhaif, saya sarankan anda balik bertanya: jika kitab yang tershahih (baca tervalid) banyak dhaifnya, apalagi kitab yang dhaif, pasti lebih parah lagi.
 
Komparasi jumlah riwayat dari ahlulbait dalam kitab hadits ahlussunnah dan syi’ah

Jumlah riwayat yang ada dalam empat kitab syi’ah di atas adalah 44 ribu riwayat lebih sedikit, tetapi riwayat yang berasal dari Nabi SAW hanya ada 644, atau hanya sekitar 1.5 % saja. Itu saja banyak yang sanadnya terputus dan tidak shahih.

Tetapi anda akan menemukan puluhan ribu riwayat bersambung dari Nabi SAW dalam kitab ahlussunnah.

Yang lebih mengherankan, dalam kitab Al Kafi yang haditsnya berjumlah 16199, hanya ada 92 riwayat dari Nabi SAW, sementara riwayat dari Ja’far As Shadiq berjumlah 9219.

Fakta di atas menimbulkan pertanyaan di benak kita semua:

Apakah fungsi kenabian telah berakhir setelah wafatnya Nabi SAW ?
Syi’ah mengaku berpegang pada ahlulbait, tapi meninggalkan riwayat dari Nabi SAW sendiri.
Syi’ah mencela Umar yang melarang menulis hadits tapi syi’ah sendiri hanya menulis sedikit saja hadits Nabi SAW

Sementara riwayat dari Ali bin Abi Thalib dalam empat kitab syi’ah di atas hanya berjumlah 690 riwayat, kebanyakan terputus sanadnya dan tidak shahih, sepertinya fungsi pintu ilmu sudah diambil alih oleh orang lain, padahal yang ditunjuk oleh Nabi SAW untuk menjadi pintu ilmu hanyalah Ali. Apakah Ali yang tidak melaksanakan amanat Nabi SAW atau bagaimana? Tidak ada fakta yang jelas. Tetapi tidak mungkin Ali meninggalkan amanat Nabi SAW.

Tetapi dalam sembilan kitab hadits Ahlussunnah kita temukan 1583 riwayat dari Ali bin Abi Thalib, lebih banyak dari riwayat Abubakar yang hanya ada 210 riwayat dalam kitab hadits Ahlussunnah, lebih banyak dari Umar yang hanya ada 977 riwayat, dan lebih banyak dari Usman yang hanya ada 313 riwayat.

Sementara riwayat dari Imam Hasan bin Ali bin Abi Thalib yang ada dalam empat literatur utama hadits syi’ah hanya berjumlah 21 riwayat. Sementara sembilan kitab hadits ahlussunnah memuat 35 riwayat dari Hasan bin Ali bin Abi Thalib.

Empat kitab literatur utama hadits syi’ah tidak memuat riwayat dari Fatimah Az Zahra Alaihassalam, sementara dalam sembilan literatur Ahlussunnah terdapat 11 riwayat dari Fatimah.

Riwayat Imam Husein yang tercantum dalam empat literatur utama hadits syi’ah hanya berjumlah 7 riwayat saja. Sementara dalam sembilan kitab literatur hadits ahlussunnah memuat 43 riwayat dari Imam Husein.

Sedangkan jumlah riwayat dari Imam Ali Zainal Abidin, Muhammad Al Baqir dan Ja’far As Shadiq dalam sembilan kitab hadits sunni lebih banyak daripada riwayat Abubakar, Umar dan Usman.
 
 



Users' Comments  
 

Average user rating

 

Display 34 of 34 comments

1. 15-06-2008 14:34

Percobaan
ini adalah percobaan untuk pemberian komentar bagi hakekat.com 
 
bukan berarti kami akan membuka komentar bagi pengunjung, tapi kami ingin mencoba modul komentar yang akan kami gunakan untuk kegunaan lain 
 
Silahkan pembaca berkomentar tentang topik artikel ini, kami tunggu komentarnya 
 
Mohon maaf karena terjadi kesalahan teknis hingga tercantum harus login dulu untuk komentar, sekarang setiap orang bisa komentar.  
 
terimakasih
Mrshiaa

2. 16-06-2008 09:16

khoir
khoir.. 
 
 
 
MrShiaa: 
makasih, ditambah lagi donk komentarnya, masak cuma satu kata...
bagus

3. 17-06-2008 04:34

Mr.
Blog ini sungguh bermanfaat dan mencerahkan, dan merupakan salah satu blog rujukan untuk mengetahui hakekat syiah rafidhah. selamat! semoga Allah selalu memberi rahmat dan tambahan ilmu kepada Antum. 
 
Barokallahu fiyk.
bims

4. 03-07-2008 11:04

jihad
ASTAGHFIRULLAH, mudah2an kita semua senantiasa diberi pentunjuk oleh ALLAH SWT agar tdk tersesat di dunia dan di akhirat. bersatulah umat islam jgn mau dipecah belah kembalilah kepada petunjuk ALLAH SWT & tuntunan RASUL yaitu AL-QUR'AN & AL HADIST (yg shahih bkn yg dhaif tentunya).wassalam
hudzaifah

5. 05-07-2008 11:00

syukran banget atas tulisan anda
tulisan anda sangat mencerahkan pembacanya dlm memahami syiah yg sesungguhnya, semoga anda diberi kesehatan dan terus dalam lindungan Alloh swt
ashim

6. 08-07-2008 07:25

Syukron
Dari sini kita tau bahwa agama syi'ah dibangun diatas dusta dan nista yang didasari kedengkian terhadap Islam. Syukron telah hadir dizaman yang penuh fitnah ini utk hakekat.com
sony

7. 17-07-2008 11:48

Riwayat hadits Nabi SAW dari kitab sunni dan syiah
Kitab hadist syiah yg anda kemukakan sungguh mencerahkan. Saya jadi punya referensi.
Wawan

8. 18-07-2008 17:33

trims..
Makasih banget atas tulisanya 
tulisan ini telah banyak membantu pencarian saya tentang syi'ah
Hasyim Anthoni

9. 27-07-2008 07:55

muda2-i muslim
saya rasa situs ini banyak gunanya bg gnerasi muda muslim. Siklus ini hrs dikabarkan luas kpd muda2-i muslim agar gaul tp smart & istiqomah. Smg Allah memudahkannya.
banda setiadi

10. 13-08-2008 02:36

syiah - ahmadiyah
Kalau sedemikian sesatnya faham syiah, kenapa mereka tetap dibiarkan hidup dan berkembang sampai sekarang, tidak demikian dengan ahmadiyah dan faham-faham yang dianggan sesat lainnya. Maaf bukan berarti saya menganut faham syiah.
iwan

11. 15-08-2008 22:40

membingungkan
hmmm, situs yang membingungkan 
 
MrShiaa 
 
bingung adalah terminal awal untuk berpikir ulang!!
warung kopi

12. 17-08-2008 03:30

tanggapan
sekarang tidak ada yang berhak mengkebiri orang lain dalam belajar dan mengamati sejarah.ajak lah generasi muda untuk mengkritisi sejarah supaya cerdas dalam ber agama,tapi tidak ikut mazhab tertentu jangan di komentari menghina,melecehkan,tidak menghargai,mengaku benar sendiri.sebab masalah kebenaran dalam mempraktekkan ajaran syariat agama yang benar adalah hak azazi per individu,karena aLlah nanti nya yang akan menghakimi akan kebenaran itu.jadi fitrah kita wajib beragama yang benar.jangan sejarah di tutup-tutupi dengan alasan menjatuhkan martabat sahabat,menghina sahabat,tidak menghargai sahabat dll.kita sudah tahu bahwa siapa saja yang punya kontribusi terhadap agama ini akan di balas tuhan,itu pasti.jadi kita berlepas diri dari sikap-sikap atau tindakan amalan yang tidak soheh menurut keyakinan kita masing-masing.itu adalah hak kita jangan di cekoki...dengan cuci otak ....kau ini anak kemaren sore...dak mau mempraktekkan hadis ini dengan mengatakan hadis ini doif.kau kualat yeac...awas kau.jangan tidak pandai terimakasih pada sahabat,guru,orang tua.....yang sudah segudang kontribusinya pada kau....hal-hal semacam ini bagus secara lahiriah tapi mengangkangi akal alias mendoktrin akal agar tidak punya pilihan karena sudah berhutang budi...padahal allah yang berhak membenarkan dan membalas amalan orang-orang tersebut.nama lain dari itu adalah ngakali alias ngibuli intelektual.nich,....ini satu-satunya yang paling baik...yang lain sesat alias salah....saya jadi teringat dimasyarakat...wah..di gembor-gemborkan bahwa nabi......berwasiat agar tidak sesat pegang alquran dan sunnah....itu loh...dalam riwayat MUSLIM....maka jadilah hadis tersebut tidak asing lagi dikalangan kebanyakan.padahal itu bohong,di MUSLIM ROSUL BERWASIAT PEGANGLAH ALQUR'AN DAN AHLU BAIT...YA ...KARENA PATUH DAN PRASANGKA BAIK TADI JUTAAN UMMAT ISLAM MEYAKININYA TANPA MAU MENGECEK DI KITAB HADIST MUSLIM BENAR NGGAK MATAN/KALIMAT SEPERTI ITU.....INILAH RESIKO KALAU SUDAH TERCEKOKI DOKTRIN....PADAHAL CARA-CARA SEPERTI ITU TIDAK MEMBUAT ORANG JADI CERDAS.ORANG BERILMU PURA-PURA TIDAK TAHU....ITULAH NAMANYA "SUK".PERLU KITA INGAT ORAMG YANG BEDA ALIRAN SETIAP HARI MENDOAKAN MUSLIM DAM MUSLIMAT,,,APAKAH ITU TIDAK BERTERIMA KASIH,,,APAKAH ITU TIDAK MENGHARGAI....MAKANYA HATI-HATI KALO KOMENTAR....ORANG YANG BERBUAT,ANEH JUSTRU KITA YANG KOMENTARI....ITU NAMANYA MEMBESARKAN PRASANGKA...APA KATA ALQUR'AN TENTANG PRASANGKA?KEBIASAAN MENAFSIRANKAN SEMBARANGAN INILAH YANG TERANCAM MASUK NERAKA,SEBAB NABI TELAH MEMBATASI "SIAPA YANG MANAFSIRKAN ALQUR'AN SESUAI RO'YUNYA BERSIAP-SIAPLAH MASUK NERAKA.KALO BEGITU ADA SARAT DONG MENAFSIRKAN ALQUR'AN JANGAN SEMAU JIDAT KITA...OKE KITA SMA-SAMA BERFIKIR....ALQUR'AN ITU MULIA DAN TINGGI MAKA MUSTAHIL ORANG-ORANG DI BEBASKAN MENAFSIRKAN ALQUR'AN TANPA SYARAT KESUCIAN ROHANI.APAKAH HANYA DENGAN BERWUDHU'SETIAP ORANG LALU BERHAK MENAFSIRKAN ALQUR'AN? 
 
 
 
Mr Shiaa 
 
sebaiknya anda baca tulisan ini dan berpikir baik-baik, jangan terlalu emosi jadi bisa menata gagasan dengan baik. menurut anda, kita tidak perlu mengambil sunnah Nabi, tapi cukup dengan Al Qur'an dan keluarga Nabi, tapi lucunya, dalilnya adalah dari hadits, dari buku sunni lagi, dari sesuatu yang menurut anda sendiri tidak boleh diikuti. akal sehat akan tertutupi oleh emosi yang menggelora. 
anda tidak bisa membantah kenyataan makanya anda marah-marah tak karuan. jangan bikin malu syi'ah donk,  
 
sebaiknya anda ke dokter dan meminta resep obat penenang agar bisa tidur nyenyak dan menata gagasan dengan baik
drajad wibowo

13. 20-08-2008 05:07

Good article
Article yang bagus... 
Saya senang sekali kunjungi web anda mrshiaa, 
 
 
MrShiaa 
 
terimakasih komentar dan dukungannya, dukungan dari anda-anda adalah salah satu pemicu semangat untuk terus tetap menyala. terimakasih
Tasyayu'

14. 24-08-2008 01:45

Hadith di madhab Ahlul Bait (Syi'ah)
Assalamualaikum 
 
Mohon maaf; penulis artikel ini tidak mengerti tentang madhab Ahlul Bait (Syi'ah) dengan baik dan benar; sehingga Haji Muhammad Abdullah harus memberikan tanggapan. 
 
Hadith adalah Perkataan, Khabar, Berita, dll 
 
Pengikut2 madhab Ahlul Sunnah (Sunni) percaya bahwa Ahadith adalah perkataan2 Rasulullah. 
 
Pengikut2 madhab Ahlul Bait (Syi'ah) percaya bahw Ahadith tidak hanya perkataan2 Rasulullah (Hadith Nabawi); tetapi juga perkataan ALLAH (Hadith Qudsi); perkataan para IMAM (Hadith Walawi); perkataan Ulama (Hadith Ulum Aqliyyah); perkataan orang2 bodoh (Hadith Jahiliyyah); perkataan musuh2 Islam (Hadith Israiliyyah wa hadith Nasraniyyah) 
 
ALQURAN 77:50 
maka kepada HADITH manakah mereka akan beriman selain ALQURAN 
 
ALQURAN 45:6 
Ayat ayat ALLAH (AlQuran) yang kami turukan kepada kamu (Muhammad) dengan kebenaran; maka kepada HADITH manakah mereka akan beriman selain ALLAH dan keterangan-keterangannya 
 
ALQURAN 39:23 
ALLAH menurukan HADITH yang terbaik yaitu AlQuran 
 
ALQURAN 7:185 
maka kepada HADITH manakah mereka akan perberiman selain AlQuran 
 
ALQURAN 4:87 
dan siapakah yang lebih benar HADITH (perkataannya) dari pada ALLAH? 
 
Pengikut2 madhab Ahlul Sunnah menolak Hadith atau menerima Hadith berdasarkan Sanad dan Isnad. 
 
Pengikut2 madhab Ahlul Bait (Syi'ah) menolak Hadith atau menerima Hadith berdasarkan AlQuran dan Logika (akal sehat); tidak berdasarkan Sanad dan tidak berdasarkan Isnad; karena boleh jadi orang2 bodoh atau musuh2 Islam menyampaikan Hadith Gholat (hadith palsu) atas nama Rasulullah; sehingga Kitab Al Kafi, Kitab Nahjul Balagho dan kitab2 Hadith yang lain tidak dinamakan SHOHIH 
 
ALQURAN 31:6 
di antara manusia; banyak orang yang menyampaikah HADITH yang tidak benar untuk menyesatkan (manusia) dari jalan ALLAH (AlQuran) tanpa pengetahuan; dan menjadikan jalan ALLAH (AlQuran) sebagai penghinaan. Mereka akan disiksa dengan keras. 
 
MrShiaa: 
Pembaca akan tahu siapa yang tidak tahu mazhab syi'ah, admin hakekat atau si haji, 
kita lihat tulisan di hakekat selalu menyertakan sumber referensi lengkap dengan jilid dan halaman, sementara selama memberikan komentar di sini terkait mazhabnya sendiri dia tidak pernah memberikan referensi syi'ah satu pun.  
haji tidak usah mundur mengaburkan persoalan dengan berputar di definisi. tapi semua omongan haji tanpa referensi
Haji Muhammad Abdullah

15. 27-08-2008 21:30

Minta Ijin
 
Semoga Allah senantiasa memberkahi hidup anda pak ustadz... 
ana minta ijin untuk mengcopy tulisan2nya ya,,, 
 
jazakallaku khairan... 
 
wass.. 
 
MrShiaa: 
silahkan
Dody Kurniawan

16. 14-09-2008 05:21

sang pelajar
saya sangat senang membaca bloq ini.semoga penulisnya senantiasa dalam lindungaNYA"AMIN" selalu meluangkan waktunya untuk para saudara yang belum terlalu mengerti tentang agama dan hadis seperti saya ini... 
makasih banyak. 
 
MrShiaa: 
terimakasih dukungannya, sungguh kata-kata anda sangat berharga bagi saya, terimakasih dan jangan lupa mengirimkan komen dukungan lagi ke saya
adi

17. 25-09-2008 13:52

Subhanallah
Siapa yg berpaling dari ajaran Alquran dan Assunnah adalah sesat.rujuklah pada ulama assalaf (salafushalih). golongan islam terbaik umat ini dan seterusnya dan seterusnya.Jazzakumullah khair 
 
MrShiaa: 
terimakasih komentarnya
al Imam Ahmad umar assewed

18. 31-10-2008 14:21

Kitab syi'ah
tulisan banyak yang ngaco... silakan selidiki sendiri dan buktikan apa yang ada di situs ini. saya telah menyelidiki sendiri sekitar 11 tahun... intinya banyak yg hoax... 
 
MrShiaa: 
sebelas tahun yang lalu barangkali anda masih "sunni", bagaimana mungkin anda menyelidiki kitab syiah?  
kalo kitab literatur syiah dianggap hoax lalu apa yang dipegang oleh penganut syiah? jangan-jangan mazhab syiah adalah mazhab hoax
hanif

19. 01-11-2008 20:13

Syiah Bodoh
Sedangkan mayoritas hadits dalam Al Kafi adalah Ahad yang tidak dapat dijadikan pegangan dalam masalah akidah –menurut syi’ah sendiri-. 
 
Seluruh agama dan sekte yang ada bangga dengan validitas (baca keshahihan) kitab literatur mereka dan mereka, kecuali syi’ah, yang merupakan satu-satunya sekte yang bangga dan gembira karena kitab literatur mereka yang tershahih (baca terbaik) tidak seluruh hadits yang ada di dalamnya adalah shahih, bahkan lebih banyak yang dhaif daripada yang shahih. Ini terbukti, coba "anda tanya ke penganut syi’ah di sekitar anda, pasti dia berbangga dan senang bahwa kitab literatur terbaik syi’ah yaitu al kafi memuat banyak hadits dhaif, saya sarankan anda balik bertanya: jika kitab yang tershahih (baca tervalid) banyak dhaifnya, apalagi kitab yang dhaif, pasti lebih parah lagi. " 
 
uda tau gak shahih masih si pake....kemana logikanya mas? 
anda ini kayka anak sd yang uda tau parit itu kotor tapi main ke parit juga. 
 
MrShiaa: 
maksudnya apa mas saya tidak paham
hamba allah

20. 16-11-2008 11:07

5sholatkhusyuk
subhanallah sungguh kebenaran itu hanyalah milik Allah perbedaan adalah rahmat bagi siapapun yang bisa mengambil hikmah yaa Allah ihdinashshiratal mustaqiim ....... 
 
MrShiaa: 
 
Allah berfirman 
Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai,  
Ali Imran 103 
ada perbedaan di sini, ada yang mengikut tali Allah dan ada yang tidak mau ikut, apakah perbedaan ini dianggap jadi rahmat?
murory

21. 14-01-2009 03:47

SYI'AH MAKHLUK TERKUTUK
SYI'AH ITU TIDAK LEBIH DARI KAUM ZALIM YANG BNERPAKAIAN SEBAGAI ORANG YANG DIZALIMI, NAMANYA JUGA ZINDIQ (baca: munafiq aktif) HASIL PERZINAHAN POLITIK ANTARA YAHUDI DENGAN MAJUSI YANG TIDAK MAMPU MENGALAHKAN UMMAT ISLAM (baca: ahlussunnah} DENGAN PERANG SECARA TERBUKA.  
DENGAN ATAS NAMA CINTA TERHADAP AHLUL BAIT, SESUNGGUHNYA SYI'AH TELAH MENGGUNTING DALAM LIPATAN. 
 
MrShiaa: 
terimakasih komentar anda,  
saya bisa memahami kemarahan anda, tapi renungkanlah, kemarahan tanpa berbuat apa-apa tidak akan menghasilkan perubahan.
SONY BINTAN

22. 05-02-2009 06:43

Shiah-Sunni Bersaudara
Situs Ini melemahkan persatuan umat islam, lbih baik perangi kezaliman jangan mempersoalkan yang remeh. Syiah-Sunni Al Qurannya sama yang kata situs ini beda setelah saya cek di fatimah.com ternyata qurannya sama, sesama umat islam jangan saling menfitnah. Maaf dan Terima Kasih 
 
MrShiaa: 
terimakasih komentarnya, saya di sini hanya menerangkan isi kitab-kitab literatur syiah yang selama ini disembunyikan, 
salepo

23. 15-02-2009 07:12

Tunjukilah kami jalan yang lurus
ya Rab yang maha agung. berilah petunjuk kepada kami apa yang menjadi kebenaran. semoga hakekat.com mendapatkan hidayah Allah yang lbh besar agar dapat membongkar ajaran yang menyimpang lainnya. 
 
MrShiaa: 
terimakasih doanya!!!
ali jiran

24. 12-04-2009 23:06

Islam Syi'ah
Anehnya kok Negara seperti Iran yg menganut Islam Syi'ah bisa maju....disertai militer yg kuat..... 
 
MrShiaa: 
 
USA dan Israel lebih canggih alat militernya dibanding iran, apakah dengan itu kita katakan ajaran yahudi dan nasrani itu benar?
Mukmin

25. 27-04-2009 09:34

Mr
Hmmmm,... saya kira, situs ini adalah situs yang sesat, ternyata,... 
memang benar 
 
MrShiaa: 
 
situs ini dibuat berdasar referensi-referensi syiah sendiri.
Tengah-tengah

26. 13-05-2009 10:52

miss
Iran,America,Israel terkesan musuhan (padahal teman mesra). 
Syiah,Kristen, & Zionis: Terkesan musuhan padahal satu faham satu tujuan mendangkalkan Islam & menanam permusuhan didalam islam, krn mereka lebih memusuhi islam daripada Yahuni or Nasrani.
Gundah

27. 08-06-2009 21:21

lgpl
tidak hanya bersambung rawi2nya, bahkan setiap rawi harus dikenal baik agamanya, kuat hafalannya, serta syarat2 lain dlm disiplin ilmu mustholah hadits.. 
inilah bedanya org2 yg BENAR2 CINTA kpd ahlul bait dg org2 yg NGAKU2 CINTA, pdhl tdk bisa membedakan mana yg bnr2 diajarkan oleh ahlul bait & mana yg diadustakan atas nama ahlul bait. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, syiah adalah agama berdasar emosi, bukan fakta yang bisa diuji.
najmudin

28. 06-09-2009 21:09

Lagi......
Kenapa anda ini sibuk x mengagungkan syiah..... apa mentang2 anda ini merasa punya kaitan darah dengan yg dimaksud ahlul bait secara sempit, lantas anda mau coba2 jadi pemimpin dunia begitu..... Berangkat saja anda ke iran supaya klop dengan mereka disana yach. Astaghfirullahalazim
Fikar

29. 04-12-2009 11:40

technisi
kasian banget orng yg mengatakn bahwa ajaran syiah di bangun ats ksesatan dan kenistaan  
aq srankan jgn belajar mazhab yg suka menjelek jlekan sesama kr rosul tidak pernah mengajarkan seperti itu. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih, akan lebih baik lagi jika syiah memulai melakukannya, dengan tidak lagi mencaci maki Abubakar dan Umar 
haydar

30. 16-09-2010 07:59

ngegerecokin
rangkumannya adalah wahabi, salafy dan syi'ah semua sesat. yg selamat adalah ahlussunnah yang cinta ahlul bait dan sahabat. gitu aja kok repot.  
inget, ane g demen jg ama gusdur dan beberapa tokoh NU dan bbrp tokoh MUHAMMADIYAH. 
 
MrShiaa: 
 
terimakasih banyak,  
 
kita tidak perlu terlalu terperangkap pada nama, yang penting esensi, yaitu mengikuti Al Qur'an dan Sunnah Nabi, yang memerintahkan kita untuk mencintai sahabat Nabi
pecinta ahlul bait

31. 29-10-2010 08:02

syukran
makasih bnyk ats tagnya.... 
lain kali lebih detail dong... sama di terangkn masalah wahabi-sunni-syiah dan pandangan dari masing" faham....
anaska

32. 21-01-2011 22:54

Pencerahan
selama ini saya mendapat info dari temen yang shi'ah, bahwa Kitab hadits Sunni, sepi dan sunyi dari periwayatan Imam Ali ra, Hasan ra, husein ra dll. Ternyata informasi itu salah. trims
Gusno

33. 02-06-2011 01:07

combat
tolong jaga hawa napsu anda terhadap imam ahlul bayt apakah anda tidak melihat para pendahulu anda apakah alloh memberikan sirotol mustaqim pada sembarang orang,tentu tidak lur.dan saya peringatkan pada anda jg sekali-kali menghina imam ali as.demi alloh anda tergolong orang yg munafik. 
 
MrShiaa: 
 
maaf, kapan saya menghina imam ali?
uus

34. 03-07-2011 19:53

sunni cinta ahlul bait
ini bukti sunni mencintai ahlul bait...kami berlepas dari orang2 yang telah membunuh para Imam...
hilman

Display 34 of 34 comments

Tambahkan Komentar



mXcomment 1.0.8 © 2007-2014 - visualclinic.fr
License Creative Commons - Some rights reserved
< Sebelumnya   Berikutnya >
 

Syiah Latest Comments

mr
cukuplah hadits Bukhari tentang tanah fadak no 3435 sebagai pembantah...
30/10/13 10:38 More...
By amien

pns
kang jalal suruh belajar lagi tentang agama islam yg benar..banyak...
19/09/13 05:58 More...
By yusuf prasetyo

Assalamualaikum..
Dari awal sampai akhir ana baca koment2 yg memihak syiah versus yg...
08/09/13 18:29 More...
By Revi

ululalabab
Aswb, mudah“an Allah memberikan anda kekuatan untuk trus berjuang...
08/09/13 08:50 More...
By tauhid

Mr.
saya jadi ingat ada lagu Qosidah yang sering tayang di televisi yang...
02/09/13 12:04 More...
By SOFWAN

Lihat Gallery Syiah

Online